Kartu Remi Paling Awet (?)

Banyak orang bertanya kepada kami: “Kartu remi apa yang paling awet ? Saya membutuhkannya untuk latihan. Kartu Bicycle kurang awet karena setelah kira-kira 1 jam latihan sudah rusak (lecek, lembek, lemes, dll). Padahal saya biasa latihan sampai 3 (tiga) jam dalam sehari. Ada saran ?”

Sebenarnya ini merupakan pertanyaan yang sulit dijawab, karena keawetan kartu, tergantung bagaimana seseorang  menggunakan dan merawatnya. Sebenarnya, pada waktu menggunakan kartu, kita dapat sekaligus menggunakan dan merawatnya. Asal kita tahu karakteristik kartu remi yang digunakan dan pengetahuan tentans merawat kartu.

Untuk diketahui, kartu remi yang bagus kualitasnya dibuat dari kertas (paper stock) sehingga masa hidupnya terbatas. Sedangkan permainan kartu, selalu menggunakan tangan yang notabene berminyak, lembab, dan kotor yang menyebabkan kartu remi menjadi cepat rusak.

Ada 2 pilihan jenis kartu remi untuk menjawab pertanyaan di atas, yaitu menggunakan kartu remi plastik, card trainer, atau tetap menggunakan kartu remi biasa yang terbuat dari kertas.

Keuntungan menggunakan kartu remi plastik adalah:
1. Awet
2. Tahan air
3. Tidak mudah tertekuk (kecuali disengaja)

Kerugian menggunakan kartu remi plastik adalah:
1. Lebih berat dari kartu remi biasa.
2. “Rasa” atau handling nya sangat berbeda dengan kartu remi biasa.
3. Dapat dikatakan tidak ada gaff atau gimmick yang biasa digunakan untuk kartu remi biasa

Card Trainer jelas awet, karena terbuat dari kayu/besi/akrilik dengan ketebalan tertentu. Biasa digunakan untuk latihan para flourisher/cardist yang menurut penulis, tidak cocok untuk latihan para Magician. Kerugiannya adalah tidak dapat untuk melatih gerakan-gerakan change yang membutuhkan hanya 1-2 lembar kartu.

Kerugian menggunakan kartu remi biasa dari kertas hanya satu, yaitu tidak se awet menggunakan kartu remi plastik. Selebihnya merupakan keuntungan nya.

Jadi, silahkan dipikirkan sendiri mana yang terbaik buat Anda. Saran dari penulis, tetap saja menggunakan kartu remi biasa yang terbuat dari kertas asal tahu cara merawat kartu remi. Saran dari Reyes (2013) juga demikian, latihan menggunakan kartu remi biasa dari certas, terutama untuk para Magician.

 

Referensi:
Reyes, D., 2013, Which Playing Cards Last Longest? – Durable Bicycle Playing Cards, (http://blog.magicshop.co.uk/2013/02/bicycle-playing-cards-durable.html, diakses 25 September 2016)

Tinggalkan Balasan