Flourish atau Cardistry

Permainan Flourish merupakan permainan yang mencolok, menarik perhatian yang biasa dilakukan oleh pesulap sebagai bagian dari permainan sulap kartu. Permainan flourish ini disebut juga dengan Cardistry. Oleh Wikipedia, Cardistry disebut sebagai istilah yang diberikan untuk seni pertunjukan card flourishing. Cardistry merupakan gabungan dari kata “card” dan “artistry” yang melibatkan penggunaan tangan untuk membuat cut, display, fan, pola dan sequence untuk penggunaan kartu remi. Berbagai armspreads, cut, shuffle dan spring dapat digunakan. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah gerakan menawan dan tampilan yang indah. Efek yang dihasilkan hanya dibatasi oleh jenis kartu yang digunakan, imajinasi, dan tingkat ketangkasan/ketrampilan dari pemain. Penampilan Cardistry biasanya bukan “ilusi” atau “magic”, tapi lebih seperti juggling, mime, atau entertaining saja.

“Harry Houdini pernah melakukan arm spreads dan fanning kartu yang membuat kagum penonton.”

Jadi tidak seperti sulap kartu, cardistry dimaksudkan untuk  mengesankan penonton secara visual dengan memunculkan sesuatu yang mustahil dilakukan. Orang-orang yang terlibat dalam cardistry dijuluki “cardists”, yang sebelumnya dijuluki “flourisher”.

Sementara sulap kartu berfokus pada manipulasi bermain kartu untuk tujuan ilusi, cardistry adalah manipulasi non-magis permainan kartu dengan maksud untuk menampilkan kreativitas, seni pertunjukan, dan keterampilan. Jika Anda pernah melihat pesulap mem-fanning satu pak kartu, Anda sudah melihat demonstrasi cardistry atau flourish yang sangat sederhana. Flourishers terkenal di dunia maupun  pemain cardistry memilih Bicycle untuk permainan mereka.

Cardists (“card artist”) secara bertahap berkembang dalam hal teknik permainannya. Simple arm spreads menjadi double arm spreads dengan turnovers, lemparan, dan tangkapan. Cut biasa dan shuffle telah menjadi one-handed cuts dan shuffle sequences.

charlier_cropped
One handed cut

display_card_flourish
Display Card

Chris Kenner mempublikasikan move yang disebut Sybil pada tahun 1992 di bukunya “Totally Out of Control”. Dengan munculnya Chris Kenner ini, Sybil Cut maupun teknik flourish lainnya menjadi berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, terutama karena dukungan yang kuat dari banyak komunitas online para penggemarnya. Cardistry tumbuh menjadi subkultur yang berkembang dengan pesat, lengkap dengan video yang diposting dan dibagikan secara teratur antar cardists seluruh dunia.

chriskenner
Chris Kenner

Chris Kenner dihormati sebagai seseorang yang menginspirasi generasi baru cardistry. Chris juga menjabat sebagai produser eksekutif untuk ilusionis paling terkenal di dunia: David Copperfield.

Referensi:

Tinggalkan Balasan