Bongkar Trik Green/Blue Screen di film vs. Bongkar Trik Sulap

Banyak berita dan posting video di youtube tentang pembuatan film dengan green/blue screen yang secara teknis disebut dengan teknik Chroma key.  Ketika teknik ini dibongkar,  masyarakat tetap antusias menonton film-film tersebut, walaupun benar-benar tahu bahwa film itu merupakan tipuan/ilusi yang hanya sekedar hiburan. Bahkan memuji bahwa teknik (baca: trik) yang digunakan di film tersebut termasuk canggih dan jenius.

Tetapi apa yang terjadi dengan pertunjukan sulap ? Ketika sebuah pertunjukan sulap dibongkar, maka masyarakat awam akan beramai-ramai mengutuk dan kecewa pada pertunjukan sulap tersebut. Bukannya memuji bahwa teknik yang digunakan termasuk  jenius atau canggih. Aneh bukan ? Sama-sama bayar untuk melihat pertunjukan ilusi (terkadang gratis untuk melihat pertunjukan sulap), tetapi yang satu dipuji-puji, yang satunya malah dikutuk. Mengapa bisa berbeda ? Padahal sebagian besar pertunjukan sulap merupakan pertunjukan live, yang artinya tidak ada proses editing. Benar-benar “terjadi di depan hidung” penonton.

Dari hasil perenungan,  hal ini terjadi karena faktor manusia nya. Faktor iri-dengki manusia. Mengapa ? Karena seorang pesulap (secara individu) dianggap memiliki suatu kelebihan supranatural yang tidak dimiliki orang lain; dan manusia pada dasarnya merupakan makhluk yang tidak mau kalah dengan makhluk lain, apalagi sesamanya.

Manusia tidak dapat menikmati kelebihan manusia lain. Ketika ada orang lain menunjukkan sesuatu yang dirasa lebih dari dirinya, maka akan dicari kelemahan/rahasianya untuk dibongkar dan dijatuhkan. Untuk apa ? Untuk menunjukkan bahwa dirinya lebih baik/ mempunyai kelebihan yang lebih dari manusia lain.

Nah, apakah Anda merupakan kategori yang seperti ini ? Atau kategori orang yang dapat menikmati kelebihan orang lain dan menganggap bahwa pertunjukan sulap merupakan pertujukan spektakuler seperti menonton film superhero produksi Hollywood ? Hanya Anda sendiri yang dapat menjawabnya ..

 

 

 

Tinggalkan Balasan